Senin, 28 Maret 2016

organisasi mahasiswa pancasila



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Organisasi masyarakat adalah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan masyarakat dalam mencapai tujuan untuk kepentingan bersama suatu masyarakat tertentu. Organisasi ini mempunyai badan hukum yang jelas yang tertuang dalam undang-undang Dasar 1945 pasal 28.
Timbulnya kepentingan masyarakat yang sama serta jiwa kegotong royongan yang kuat yang ada pada suatu masyarakat menyebabkan masyarakat membentuk kelompok atau badan yang beritikad untuk mencapai tujuan tersebut secara gotong royong. Istilah ringan sama dijinjing berat sama dipikul menjadi pedoman bagi mereka dalam membangun atau membentuk suatu organisasi.
Organisasi masyarakat sudah terbentuk sejak jaman penjajahan, organisasi ini bertujuan untuk mempersatukan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengusahakan kemerdekaan Indonesia. Organisasi yang terbentuk umumnya bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya dan menngkatkan taraf hidup masyarakat.
Organisasi masyarakat selain bertujuan sebagai usaha mencapai tujuan bersama mensejahterakan anggotanya banyak pula yang bertujuan untuk ikut serta berpartisipasi dalam perpolitikan negara seperti Partai Politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Mahasiswa Pancasila merupakan organisasi yang diikuti oleh para pemuda-pemuda untuk membela Negara, untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita, bahwa dalam perjuangannya para pahlawan kita sangat gigih memperjuangkan bangsa kita, mereka rela mati demi memperjuangkan bangsa ini, maka terbentuklah organisasi MAPANCAS yang bergerak untuk membela Negara ini dan memperjuangkan kembali apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita.

B.     Rumusan Maslah
1.      Apa yang dimaksud dengan Organisasi ?
2.      Apa yang dimaksud dengan Organisasi Mahasiswa Pancasila ?
3.      Apa saja program yang dilaksankan oleh Mahasiswa Pancasila  ?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk Mengetahui Profil Mahasiswa Pancasila
2.      Untuk mengetahui tentang organisasi yang ada di banten
3.      Untuk mengetahui Program yang dilaksanakan Mahasiswa Pamncasila






BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Organisasi
Organisasi ialah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih atau beberapa pihak untuk mencapai tujuan bersama. Manusia pada hakekatnya memiliki keterbatasan dan ketergantungan dengan sesama manusia lainnya. Manusia tak dapat hidup sendiri tanpa bekerja sama. Oleh karena itu, manusia disebut juga sebagai makhluk sosial. Manusia beorganisasi tidak terbatas hanya pada lingkungan dekatnya saja, tetapi juga dapat meluas dalam pergaulan yang melampaui tempat tinggalnya. Misalnya, dalam lingkungan antartetangga, masyarakat sekitar, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta sebagai warga dunia dalam pergaulan Internasional.
Organisasi masyarakat adalah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan masyarakat dalam mencapai tujuan untuk kepentingan bersama suatu masyarakat tertentu. Organisasi ini mempunyai badan hukum yang jelas yang tertuang dalam undang-undang Dasar 1945 pasal 28. Salah satu organisasi masyarakat yang ada misalnya : Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemasyarakatan Desa (LPM), Karanga Taruna, Koperasi, Kelompok Tani, Paguyuban Masyarakat, Himpunan Komunitas Masyarakat, Organisasi Kepemudaan.
Sebagai warga masyarakat dan warga negara setiap manusia Indonesia harus memegang semangat kekeluargaan dan semangat gotong-royong. Hal ini berarti bahwa kita sebagai warga negara harus mengadakan organisasi dan saling membantu. Negara kita yang berasaskan kekeluargaan, menghormati hak pribadi. Sebaliknya hak pribadi itu dilaksanakan dengan memperhatikan kepentingan bersama yaitu kepentingan nasional. Oleh karena itu, kepentingan nasional yang merupakan kepentingan bersama itu harus didahulukan daripada kepentingan pribadi atau golongan.
Dalam lingkup kehidupan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat adil dan makmur, sepatutnya diperlukan organisasi antarlembaga negara seperti Presiden dengan DPR, Badan Pemeriksa Keuangan dengan DPR dan antar lembaga tinggi negara lainnya. Begitu pula sebagai warga dunia, seperti yang diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945 "...ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial...",
Contoh salah satu organisasi masyarakat yang ada di sekitar kita antara lain: Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Karang Taruna dan lain sebagainya. Kesemuanya merupakan pembentukan dari setiap individu untuk tujuan yang sama. Indonesia berperan aktif dalam pembentukan dan pelaksanaan program-program di Iingkungan ASEAN (Association of South East Asian Nations), Gerakan Non Blok (Non Aligment Movement) dan Perserikatan BangsaBangsa (PBB).
Dalam melaksanakan organisasi, kita tetap harus berpegang teguh pada ketentuan-ketentuan yang berlaku pada. agama masing-masing. Apabila pada masa perjuangan kemerdekaan tahun 1945 seluruh rakyat Indonesia mampu beorganisasi dengan baik dan berhasil mencapai kemerdekaan, maka dalam masa pembangunan untuk mengisi kemerdekaan, kita harus mampu mewujudkan tujuan pembangunan nasional sebagaimana yang dicita-citakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Kita harus sadar bahwa berhasilnya pembangunan nasional bergantung pada partisipasi seluruh rakyat serta pada sikap mental, tekad dan semangat, ketaatan disiplin seluruh rakyat Indonesia serta para penyelenggara negara. Hal ini berarti bahwa antara rakyat dengan Pemerintah harus selalu dapat bekerja sama dalam melaksanakan pembangunan.
Kerja sama antara semua unsur dalam negara akan mampu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur yang merata material dan spiritual dalam wadah negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

B.     Sejarah Berdirinya Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS)
Pada tahun 1955 TNI membentuk MAPANCAS sebagai organisasi kepemudaan yang bergerak dalam penguatan nilai-nilai ke Pancasilaan. Melihat dari keadaan sosial nilai-nilai ke Pancasilaan sudah disalah artikan dikarenakan paham komunis telah menyebar dikalangan Masyarakat & Pemuda sehingga Mahasiswa Pancasila ini salah satu penangkal paham tersebut.
Pada mulanya Mahasiswa yang bergerak di MAPANCAS merupakan pemuda-pemuda aktif yang mengikuti program bela Negara atau Pelatihan dalam TKR atau BKR. Mengumpul bersama-sama membentuk organisasi bernama Mahasiswa Pancasila.
Pertama kegiatan-kegiatan awal berkenaan dengan sosialisasi ke Pancasilaan dan Marhaenisme sebagai ujung tombak ajaran daripada Bung Karno. Kegiatan ini sangat di Respon oleh pemerintah dan masyarakat pada waktu itu dikarenakan berkenaan dengan penanaman Nasionalisme dan Jiwa Kebangsaan Indonesia. Organisasi Mahasiswa Pancasila sudah tercatat di Pemerintahan pada Tahun 1955

C.    Program DPD Mapancas
1.      Seminar Kebangsaan
Seminar Kebangsaan ini dilaksankan oleh MAPANCAS untuk meningkatkan rasa Nasionalisme bangsa kita, karena di zaman sekarang semakin merosostnya nilai nasionalisme, maka MAPANCAS membuat seminar kebangsaan ini.
Kegiatan dari seminar ini diikuti dari berbagai peserta seperti OKP, Organisasi Masyarakat, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Kegiatan Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 04 Mei 2014, MAPANCAS berharap dengan di adakannya seminar ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme para generasi bangsa Indonesia, agar bangsa Indonesia semakin lebih baik untuk ke depannya.

2.      Seminar Pancasila
Seminar Pancasila ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2014 yang diikuti oleh beberapa organisasi lainnya seperti OKP, LSM, dan BEM. Kegiatan seminar ini dilaksanakan agar kita tahu apa saja isi dari butir pancasila tersebut, serta dengan adanya seminar ini diharapkan kita dapat mengaplikasikannya dikehidupan kita sehari-sehari
3.      Donor Darah Pemuda
                  Kegiatan Donor Darah ini dilaksankan pada tanggal 19 November 2015 yang iikuti oleh para pemuda dan masyarakat, dimana dalam kegiatan ini para pemuda mendonorkan darahnya sebagai bantuan untuk mereka yang membutuhkan, selain para pemuda juga masyarakat sangat aantusias mengikuti kegiatan ini dan masyarakatpun ikut mendonorkan darahnya, mrembantu lembaga seperti rumah sakit yang sering kekurangan donor darah ketika pasiennya membutuhkan, maka dari itu MAPANCAS mengadakan kegiatan Donor Darah Pemuda ini, semoga kegiatan donor darah memberikan manfaat bagi orang-orang yag membutuhkannya.
4.      Seminar Kebangsaan
                  Kegiatan Seminar kebangsaan ini diadakan kembali pada taggal 10 Februari 2015 yang diikuti oleh OKP, BEM, dan Masyarakat, seminar kebangsaan ini diadakan kembali agar kita semakin memiliki jiwa kebangsaan yang begitu kokoh dan erat dalam membangun bangsanya. Serta kegiatan seminar ini adalah salah satu program yang sering dilaksankan oleh MAPANCAS dikarena sangat mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan bangsa kita.
5.      Pendampingan Masyarakat
                  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 09 Maret 2015 yang diikuti oleh Lembaga swadaya  masyarakat dan Mayarakat setempat.



Secara singkat dapat dilihat program MAPANCAS pada tahun 2014 sampai dengan 2015 sebagai berikut :
No
Nama Kegiatan
Peserta
Tanggal
Ket
1
Seminar Kebangsaan
1.      OKP
2.      ORMAS
3.      LSM
04 Mei 2014

2
Seminar Pancasila
1.      OKP
2.      LSM
3.      BEM
10 Agustus 2014

3
Donor Darah Pemuda
1.      Pemuda
2.      Masyarakat
19 November 2014

4
Seminar Kebangsaan
1.      OKP
2.      BEM
3.      Masyarakat
10 Februari 2015

5
Pendampingan Masyarakat
1.      LSM
2.      Masyarakat
09 Maret 2015









BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Organisasi masyarakat adalah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan masyarakat dalam mencapai tujuan untuk kepentingan bersama suatu masyarakat tertentu.
Dalam melaksanakan organisasi, kita tetap harus berpegang teguh pada ketentuan-ketentuan yang berlaku pada agama masing-masing. Apabila pada masa perjuangan kemerdekaan tahun 1945 seluruh rakyat Indonesia mampu beorganisasi dengan baik dan berhasil mencapai kemerdekaan, maka dalam masa pembangunan untuk mengisi kemerdekaan, kita harus mampu mewujudkan tujuan pembangunan nasional sebagaimana yang dicita-citakan oleh seluruh rakyat Indonesia. 
Mahasiswa Pancasila merupakan organisasi yang diikuti oleh para pemuda-pemuda untuk membela Negara, untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita, bahwa dalam perjuangannya para pahlawan kita sangat gigih memperjuangkan bangsa kita, mereka rela mati demi memperjuangkan bangsa ini, maka terbentuklah organisasi MAPANCAS yang bergerak untuk membela Negara ini dan memperjuangkan kembali apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita.

B.     Saran
Dari kegiatan observasi yang kelompok kami laksankan, maka kami dapat memberikan saran sebagai berikut :
1.      Kembangkan kembali Organisasi Masyarakat yang ada di Banten ini, agar tidak keliahatan vakum dan tidak ada kegiatan
2.      Berikan pengertian dasar tentang organisasi masyarakat, agar masyarakat  tahu manfaat adanya organisasi masyarakat tersebut, serta tidak masa bodoh.
4.      file:///D:/Download/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-struktur-organisasi.html#


Tidak ada komentar:

Posting Komentar